"mengunjungi tempat tempat yang indah adalah satu satunya kebahagiaan yang bisa kita beli,jadi belilah pengalaman yang menyenangkan"

Air terjun watu ondo

Nama Watu Ondo diambil karena sepanjang jalan turunan menuju sumber air terjun ini sudah berupa anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu yang dalam bahasa jawa disebut ondo. Atau juga disebut Coban Kembar karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan namun dengan ketinggian yang berbeda. Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ± 69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh je bawah. Kedua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda. Dan selanjutnya alirannya bertemu di satu telaga kecil dan cukup dangkal.

Air terjun Coban Kembar atau lebih dikenal sebagai air terjun Watu Ondo, yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo dan berada di bawah lereng gunung Welirang atau lebih tepatnya berada di Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto atau berada di perbatasan antara Kabupaten Mojokerto dengan kota Batu. Dinamakan air terjun Kembar karena memang dalam satu area ini ada dua air terjun yang saling berhadapan namun mempunyai ketinggian yang berbeda, yang berlokasi di sisi sebelah kanan mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dengan kemiringan sekitar 75 derajat dan berkarateristik air terjun berundak, sedangkan yang berada di sisi sebelah kiri mempunyai ketinggian mencapai kurang lebih 69 meter dan berkarakter air terjun yang terjunan airnya langsung menuju kebawah.

Untuk mencapai air terjun ini ada 2 cara yaitu lewat Malang (Batu) dan lewat Mojokerto (Pacet).
  • Mojokerto.
    Dari pacet ambil arah ke Batu (Malang), dan ikuti jalan tersebut sampai Anda menemui papan nama Air terjun watu ondo disisi kiri jalan. Jika dari Pacet Anda akan menemui area perkemahan, dan jalannya menjak terus.
  • Malang.
    Dari Kota wisata Batu ambil arah ke Selecta atau arah ke desa Bumiaji, ketika sampai pertigaan selecta jalan lurus terus arah ke Cangar, setelah masuk di Tahura (taman hutan rakyat) atau hutan lindung Raden Soeryo, jalan akan turun terus dan berkelok tajam, lokasi dari situ sudah dekat, lurus saja terus hingga menemui dua jembatan kembar lihat disisi kanan jalan sudah ada tanda Air terjun watu ondo. Jika dari Malang Anda akan menemui kawasan wisata pemandian Selecta, kebun wisata petik apel, kawasan kebun sayur di sisi kanan dan kiri.

Putra mega

hi. saya adalah orang yang suka berpetualang,design dan surfing internet. terimah kasih atas kunjungan anda. silakan tinggalkan komentar