"mengunjungi tempat tempat yang indah adalah satu satunya kebahagiaan yang bisa kita beli,jadi belilah pengalaman yang menyenangkan"

Pantai klayar pacitan

Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata.

Sebagai bagian dari pantai selatan, Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik dan meyimpan misteri. Keindahan yang ada diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah. Dan ternyata, lebih banyak turis asing yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik. Ini mengingat masih minimnya pemberitaan dimedia offline. Dan wisatawan mancanegara itu tentu tahunya dari internet. Meski hanya memiliki garis pantai yang tidak panjang, Pantai Klayar begitu mempesona. Garis Pantinya kira-kira seperti Pantai Ancol di Jakarta.




Rute Jogja ke Pantai Klayar Jarak tempuh kota Jogja ke Pantai Klayar hanya membutuhan waktu sekitar 3,5 jam. Kalau dari Wonosari Jogja hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Sepanjang rute ini banyak pemandangan yang bisa dinikmati, terutama setelah lepas dari piyungan, pathuk dan seterusnya. Rute ini kita ambil patokan dari jalan Malioboro, ketemu perempatan kantor pos ambil arah kiri ikuti jalan tersebut hingga ketemu jalan Wonosari Jogja, lanjut lewat Piyungan - Pathuk - Wonosari - Pracimantoro – Giribelah - Punung – Pantai Klayar.

Rute Surabaya ke Pantai Klayar Kalau dari arah kota Surabaya, Jombang dan wilayah yang berada di zona sekitarnya, menuju pantai Klayar akan lebih cepat dan direkomendasikan melalui rute Mojokerto - Jombang - Kertosono - Nganjuk - Caruban - Madiun - Ponorogo - Pacitan, Pantai Kalyar. Jarak tempuh yang diperlukan kalau melalui rute ini sekitar 7 jam perjalanan nonstop. (plus isi bensin, buang air kecil dan makan di jalan). Jarak surabaya Pacitan kalau ditotal jendral sekitar 350 km.

Rute Solo ke Pantai Klayar Kalau kunjungan Anda dari arah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian utara seperti eks karesidenan Pati, dan Tuban, serta Jawa Tengan Bagian selatan seperti eks karesidenan Surakarta, lebih cepat dan direkomendasikan lewat jalur atau rute Solo. Rute ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan, melalui Solo - Ponjong - Pracimantoro – Giribelah - Punung – Pantai Klayar


Di pantai ini Anda akan merasakan sensasi seperti ada di Tanah Lot Bali. Pantai ini memiliki icon berupa karang besar yang berada di sisi timur pantai, karang ini memiliki tinggi hampir sama dengan pohon kelapa dan berdiri sangat megah. Pada musim liburan pantai ini akan dibanjiri oleh wisatawan tak jarang juga ada wisatawan asing yang singgah ke pantai yang berada di kota kelahiran mantan presiden Indonesia, SBY.
Namun akses menuju pantai ini masih tergolong cukup sulit karena kondisi jalan yang masih rusak. Pemerintah bekerjasama dengan pihak pariwisata masih berusaha memperbaiki infrastruktur agar wisatawan nyaman ketika berwisata ke pantai ini. Dan tahukah Anda jika SBY dan keluarganya pernah singgah di pantai ini untuk berwisata?


SHARE

Putra mega

hi. saya adalah orang yang suka berpetualang,design dan surfing internet. terimah kasih atas kunjungan anda. silakan tinggalkan komentar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment