"mengunjungi tempat tempat yang indah adalah satu satunya kebahagiaan yang bisa kita beli,jadi belilah pengalaman yang menyenangkan"

Pantai Sanur

Pantai Sanur merupakan salah satu pantai di Pulau Bali yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan panorama alamnya membuat Pantai Sanur terkenal bahkan sejak jaman dahulu. Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah dikenal sebagai pantai yang indah, hal itu nampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur.
Berbeda dengan Pantai Kuta yang menyajikan keindahan matahari terbenam (sunset), Pantai Sanur terkenal karena keindahan panorama mentari terbitnya (sunrise). Topografinya yang melengkung dengan hamparan pasir putih yang membentang membentuk gugusan pantai yang elok. Di pagi hari, sembari menikmati detik-detik terbitnya mentari yang mempesona, wisatawan dapat menyaksikan gugusan pulau Nusa Penida di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan Pulau Bali.
Pemandangan di sore hari juga tak kalah menarik. Surutnya air laut memperjelas pandangan mata pada gugusan Pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di sebelah selatan Pantai Sanur. Tak hanya itu, jika gelombang air laut tidak begitu besar, wisatawan dapat menyaksikan keindahan batu karang yang membentang berwarna-warni.
Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, Provinsi Bali. 

Transportasi Menuju ke Pantai Sanur

Pantai Sanur berlokasi di sebelah timur kota Denpasar, tepatnya di desa Sanur, kec. Denpasar Selatan. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari bandara Ngurah Rai dengan jarak sekitar 17 km. Sedangkan jarak pantai dari kota Denpasar kurang lebih 9,5 km.
Wisatawan dapat menggunakan jasa taksi, atau menyewa mobil maupun motor untuk berkunjung ke pantai ini. Ada banyak tempat yang menawarkan jasa rental mobil atau motor di pulau Bali dengan harga yang relatif murah.
Harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 200 ribu/hari, tergantung dari jenis dan tahun pembuatan mobil. Sedangkan harga sewa motor berkisar antara 50 ribu – 75 ribu rupiah/hari.

Fasilitas Pantai Sanur

Pihak pengelola wisata pantai Sanur, telah melengkapi beberapa fasilitas di area wisata agar dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan.

Beberapa fasilitas di pantai Sanur, diantaranya :

  1. Terdapat beberapa tempat penginapan yang dekat dengan lokasi pantai Sanur.
  2. Tersedia art shop di area wisata yang menjual barang-barang kesenian, dan layak sebagai cinderamata.
  3. Terdapat beberapa restoran dengan rasa masakannya yang lezat, dan dapat dijadikan sebagai sarana wisata kuliner bagi para wisatawan.
  4. Tidak sulit untuk mencari pedagang souvenir di area wisata ini, mereka menjual aneka hasil kerajinan khas Bali mulai dari baju, celana, sandal, topi, tas, dll.
  5. Tersedia tempat berteduh atau pondok kecil di tepi pantai, yang dapat dijadikan sebagai tempat berlindung maupun sebagai tempat bersantai sembari menunggu terbitnya matahari.
  6. Fasilitas permainan air seperti seawalker, snorkeling, diving, dll.
  7. Jasa sewa perahu yang siap mengantarkan wisatawan keliling area wisata, dan berkunjung ke pulau yang dekat dengan pantai Sanur.

Apabila anda menginap di Sanur dan ingin mengunjungi daerah wisata lain seperti Kuta, Tanah Lot, Jimbaran dll, tidak usah khawatir karena di sini banyak terdapat travel yang menyediakan paket-paket wisata menuju tempat- menarik di Bali lainnya, biasanya menggunakan mobil jenis kijang atau elf. Apabila anda tidak ingin bergabung dengan wisatawan lain dalam satu mobil, anda bisa meminta kepada travel tersebut supaya mobil yang digunakan hanya berisi anda dan keluarga saja, hampir serupa dengan rental mobil. Tips menggunakan travel wisata sebaiknya anda bagi daerah tujuan wisata menjadi 2 bagian, misalkan utara dan selatan, dan dikunjungi dalam hari yang berbeda, dengan demikian perjalanan anda akan lebih efektif dan waktu anda tidak akan habis di perjalanan. Misalkan hari pertama anda menuju selatan (Uluwatu, Tanah Lot, GWK, Jimbaran dll) dan hari ke dua menuju arah utara (Pura Besakih, Kintamani, Tapak Siring dll).

 
SHARE

Putra mega

hi. saya adalah orang yang suka berpetualang,design dan surfing internet. terimah kasih atas kunjungan anda. silakan tinggalkan komentar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment