"mengunjungi tempat tempat yang indah adalah satu satunya kebahagiaan yang bisa kita beli,jadi belilah pengalaman yang menyenangkan"

Candi Penataran

Candi Palah, mungkin asing bagi sebagian orang bahkan orang Blitar. Karena candi palah lebih dikenal dengan sebutan candi penataran, karena secara administrasi candi ini terletak di desa penataran, kecamatan nglegok kabupaten Blitar. Komplek candi hindu terbesar di jawa timur ini terletak 10 km utara kota Blitar dan berada di lereng barat daya gunung kelud. Ada beberapa bangunan pada komplek candi ini. Selain itu juga terdapat sebuah kolam di belakang candi penataran dengan sumber air yang jernih.


Rute Menuju Candi Palah / Penataran

Apabila anda ingin menuju candi penataran / candi palah anda bisa melewati makam bung karno terus ke utara. Anda hanya perlu mengikuti jalan raya hingga sampai di gerbang loket kawasan candi penataran. Untuk motor dikenakan biaya 1000 dan 3000 untuk satu orang.

Candi ini di bangun dari Kerajaan Kediri dan dipergunakan sampai dengan Kerajaan Majapahit, Seperti pada umumnya relief candi di Jawa Timur yang dipahat berdasarkan analogi romantika hidup tokoh yang didharmakan di tempat tersebut, relief Ramayana dengan tokoh Rama dan Shinta, dan relief Krisnayana dengan tokoh Krisna dan Rukmini, yang dipahatkan pada dinding candi Penataran dapat dikatakan mirip dengan kisah Ken Arok dan Ken Dedes.


Candi Penataran sebenaranya merupakan sebuah kompleks kumpulan beberapa candi, dan menjadi kompleks Candi terluas di jawa Timur. Disini terdapat beberapa candi dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Jika kita masuk ke kompleks Candi penataran, serasa sedang berada di sebuah perkampungan di masa kerajaan jaman dahulu.  
Lokasi Candi Penataran yang berada di pedesaan menjadikannya asri dengan hawa udara yang sejuk. Panorama di sekitar masih cukup alami, meskipun dikelilingi rumah penduduk. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari gunung kelud juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan saat Gunung Kelud erupsi beberapa waktu lalu, masih terlihat sisa-sisa material vulkanik berupa kerikil kecil.
SHARE

Putra mega

hi. saya adalah orang yang suka berpetualang,design dan surfing internet. terimah kasih atas kunjungan anda. silakan tinggalkan komentar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment