"mengunjungi tempat tempat yang indah adalah satu satunya kebahagiaan yang bisa kita beli,jadi belilah pengalaman yang menyenangkan"

Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.
Berjarak sekitar 20 km menuju ke arah utara adalah Kota Bandung, dengan rimbun dan banyak pohon pinus serta hamparan hijau kebun teh yang ada di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu memiliki ketinggian kurang lebihnya adalah sekitar 2.084 meter.
Bentuk dari gunung ini adalah Stratovulcano dengan memiliki pusat erupsi yang selalu berpindah dari timur ke barat. Jenis dari bebatuan yang dikeluarkan melewati letusan dari gunung ini kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang banyak dikeluarkan adalah seperti sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan pada waktu gunung sedang tidak aktif adalah uap belerang.

Status Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Parahu ini masih termasuk dalam kategori gunung berapi aktif yang statusnya terus diawasi terus oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Diantara beberapa kawahnya juga masih menunjukkan tanda tanda dari aktifnya gunung ini. Beberapa tanda dari aktivitas gunung berapi ini adalah seperti munculnya gas belerang serta sumber-sumber air panas yang berada di kaki gunungnya, di antaranya adalah yang terdapat di kasawan Ciater, Subang.
Rute ke Gunung Tangkuban Perahu
Untuk mencapai tempat ini sangat mudah. Dari pusat kota Bandung, silakan cari jalan Setiabudi. Anda dapat berjalan lurus hingga melewati pasar lembang. Dari pasar ini waktu tempuh ke gerbang wisata kawah gunung Tangkuban Perahu tidak jauh. Jika telah melewati markas brimob, maka itulah tanda bahwa perjalanan anda sudah dekat. Ada 2 pintu masuk di sebelah kiri yang mengarah ke puncak gunung. Kami sarankan melalui pintu utama atau jalan baru (yang kedua setelah Lembang), karena jalannya lebih bagus. Dan saran lain adalah pastikan kendaraan dalam keadaan prima karena tanjakan Tangkuban Perahu sering mengakibatkan mogok jika mobil kurang perawatan.
Jika anda datang dari kota Jakarta, ada alternatif yang cukup cepat menuju kawasan gunung Tangkuban Perahu. Yaitu keluar dari pintu tol Padalarang, bisa mengambil arah menuju ke Cimahi kemudian belok ke arah kiri dan melalui Jl. Kolonel Masturi, lalu teruskan saja mengikuti jalan Kolonel Masturi sampai pada ujungnya (melalui kawasan kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), kemudian pada waktu Anda sudah bertemu dengan pertigaan Jl. Raya Lembang, lanjutkan dengan memilih jalan belok kiri dan terus saja mengikuti jalan dan melewati markas Brimob dll. Pada waktu Anda sudah melewati papan promosi Tahu Tauhid yang berada di sebelah kiri maka sekitar 200 meter lagi Anda akan sampai di gerbang akses menuju ke wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu (berada di kiri jalan).

Putra mega

hi. saya adalah orang yang suka berpetualang,design dan surfing internet. terimah kasih atas kunjungan anda. silakan tinggalkan komentar